Diabetes dalam Kehamilan

Diabetes dalam Kehamilan

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Diabetes dalam kehamilan atau gestasional adalah salah satu jenis diabetes yang terjadi pada ibu hamil. Artinya, kadar gula darah meningkat pada wanita hamil yang tidak pernah dialami sebelum kehamilan. Diabetes gestasional umumnya terjadi pada pertengahan masa kehamilan, umumnya antara minggu ke-24 hingga ke-28 kehamilan. Kondisi ini pada dasarnya dapat dikontrol melalui pola makan sehat dan seimbang dan olahraga teratur. Namun, pada tingkat keparahan tertentu, wanita dengan diabetes gestasional perlu dibantu dengan suntikan insulin - hormon pengatur kadar gula darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya komplikasi baik pada bayi maupun ibu, yaitu peningkatan berat badan bayi atau bayi besar sehingga meningkatkan risiko kelahiran sesar, peningkatan tekanan darah atau hipertensi, dan, sebaliknya, penurunan kadar gula darah atau hipoglikemia jika ibu tidak mengontrol kadar gula darahnya dengan baik. Hal ini pun dapat menjadi fatal bagi bayi, karena beegitu bayi lahir maka bayi tersebut berisiko memiliki hipoglikemia sehingga harus selalu dipantau kadar gula dalam darahnya.

Diabetes dalam Kehamilan

Bagaimana cara mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes gestasional ?

     Kunci utama untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes gestasional adalah menjaga pola makan sehat seimbang. Hindari makanan tinggi gula dan tepung yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur. Kunci kedua adalah olahraga teratur. Memang, ibu hamil tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas berat. Namun, bukan berarti ibu hamil harus menghentikan aktivitasnya. Olahraga ringan seperti senam hamil dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Kunci ketiga adalah pemantauan kadar gula darah secara rutin. Saat ini, telah tersedia alat tes gula darah menggunakan strip khusus yang memungkinkan pemantauan kadar gula darah sendiri di rumah. Waktu terbaik untuk mengecek kadar gula darah adalah sebelum makan, 2 jam setelah makan dan sebelum tidur. Diabetes gestasional merupakan komplikasi yang terjadi pada saat kehamilan sehingga umumnya kadar gula darah akan kembali normal setelah kelahiran. Namun tidak menutup kemungkinan kondisi ini akan menetap bahkan setelah kelahiran—kondisi ini kemudian disebut dengan diabetes melitus tipe 2. Lakukan pengecekan kadar gula darah 6 hingga 12 minggu setelah melahirkan, dan tiap 1-3 tahun sekali. Penting bagi ibu untuk terus melanjutkan pola makan sehat dan olahraga teratur bahkan setelah melahirkan untuk mencegah risiko berlanjutnya kondisi diabetes pasca melahirkan.

"ObatDiabetes.ID dan Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif."

Mungkin anda menyukai ini

Ketoasidosis Diabetik
Ketoasidosis Diabetik
Diabetes: Penyakit kronis yang begitu mengakar di Asia
Diabetes: Penyakit kronis yang begitu mengakar di Asia
Diabetes Mellitus
Diabetes Mellitus