Berkenalan dengan Diri: Siapakah Pankreas?

Berkenalan dengan Diri: Siapakah Pankreas?

BANDUNG, CMIHOSPITAL.COM - Mungkin kata pankreas sudah sering terdengar, terutama bagi penderita diabetes. Namun, siapakah dan sepenting apa kerja pankreas? Pankreas adalah organ yang terletak pada bagian kiri atas perut, di belakang lambung. Organ ini memiliki dua fungsi penting, yaitu menghasilkan enzim untuk mengurai makanan dalam usus, dan hormon untuk mengatur kadar gula darah. Pankreas memiliki dua jenis sel untuk mengerjakan tugasnya: eksokrin dan endokrin.

Sel eksorin bertugas menghasilkan cairan pencernaan yang dialirkan ke dalam usus melalui saluran (duktus) pankreatik. Cairan jernih ini secara umum terdiri dari air, garam, natrium bikarbonat, dan enzim pencernaan. Terdapat tiga jenis enzim yang dihasilkan oleh pankreas: lipase untuk memecah lemak, protease untuk memecah protein, dan amilase untuk memecah karbohidrat.

Sel endokrin tersusun secara bergerombol dalam pankreas, sehingga disebut juga dengan islets of Langerhans. Kumpulan sel ini bertugas menghasilkan hormon pengatur gula darah seperti insulin, glukagon dan hormon-hormon lainnya yang langsung dialirkan ke dalam darah.

Berkenalan dengan Diri: Siapakah Pankreas?

Ketika kadar gula darah meningkat, seperti saat setelah makan, insulin akan dialirkan ke dalam darah. Hormon ini akan mengikat gula agar dapat diserap ke dalam sel tubuh. Insulin juga berperan dalam penyimpanan gula dalam otot dan hati, sekaligus mencegah hati untuk menghasilkan gula (ya, hati bisa menghasilkan gula sendiri). Dengan kata lain, insulin akan menurunkan kadar gula darah.

Ketika kadar gula terlalu rendah, pankreas akan mengeluarkan glukagon ke dalam darah. Kerja hormon ini bertolak belakang dengan insulin: merangsang hati untuk melepaskan cadangan gulanya. Hormon ini juga dapat memicu perubahan protein dalam hati menjadi gula. Produksi glukagon akan berhenti jika kadar gula darah telah naik kembali.

"ObatDiabetes.ID dan Klinik Utama CMI memiliki keunggulan pada perawatan penyakit Diabetes. Kami mengadopsi metode pengobatan komplementer kedokteran klasik berbasis terapi formula Ibnu Sina yang terintegrasi dengan metode konvensional kedokteran modern, sehingga tingkat kenyamanan pasien lebih tinggi, minim efek samping dan tanpa tindakan invasif."

Mungkin anda menyukai ini

Berkenalan dengan Diri: Siapakah Pankreas?
Berkenalan dengan Diri: Siapakah Pankreas?
Diabetes: Penyakit kronis yang begitu mengakar di Asia
Diabetes: Penyakit kronis yang begitu mengakar di Asia
Diabetes “The Silent Killer”
Diabetes “The Silent Killer”